Selasa, 07 Februari 2012

Bintang Pistol Terbesar


Bintang adalah bola-bola gas berukuran sangat besar yang melepaskan sinar dari reaksi nuklir yang terus-menerus. Reaksi ini dimulai ketika suhu pada inti gas yang padat mencapai 1.800.000 F dan peleburan nuklir ini dapat berlangsung selama milyaran tahun.

Bintang berasal dari awan gas dan debu yang disebut protostar. Bintang-bintang yang sudah tua mengembang dan tumbuh menjadi raksasa berwarna merah yang sangat panas. Kemudian bintang-bintang besar merah ini mendingin lalu menyusut semakin kecil dan berwarna putih terang. Ketika sebuah bintang kehabisan bahan bakar, maka hidupnya pun berakhir di sini.

Bintang yang terdekat dengan bumi adalah matahari, jaraknya sekitar 93 juta mil. Jarak yang lebih besar ke luar angkasa diukur dalam satuan tahun cahaya, satu tahun cahaya sebanding dengan 6.000.000.000.000 mil.

Jumlah bintang yang ada di angkasa sangat banyak. Dalam galaksi Bimasakti saja terdapat sekitar 100 miliar, dan galaksi Bimasakti hanyalah satu dari miliaran galaksi yang diketahui manusia.

Sedangkan bintang terbesar yang diketahui bernama Bintang Pistol. Dibanding dengan kita, bintang ini berada lebih dekat dengan pusat Galaksi Bimasakti. Walaupun berukuran sangat besar namun bintang pistol tidak dapat dilihat dengan mata telanjang karena adanya debu angkasa. Ukuran bintang ini 100 kali lebih besar dan 10.000.000 kali lebih panas daripada matahari!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar